Saturday, May 7, 2011

Creative Promotion

Brosis, mau "Promosi dg Bujet Minin, tp Nendang?" Ikuti materi mlm ini--> Creative Promo ala YEA. Info kwn2 yaa

i.Creative Promotion;Kampanye bujet minim, tp nendang. 7annya adlh Mendongkrak OMSET dlm waktu yg relatif singkat, dg bujet minim. #YEApromo

ii.Sblm Anda membaca materi ini, seharusnya Anda tlah terlebih dahulu membaca materi #YEAmarket. Materi ini adlh lanjutannya. #YEApromo

iii.Materi promo adlh bentuk KAMPANYE dari Positioning, agar target pasar Anda tertarik u/ membeli produk/jasa Anda. #YEApromo

iv.Ada bbrp aspek yg perlu diperhatikan saat merancang AGENDA PROMOSI. Hayyuu kita simak satu-persatu... #YEApromo

1a.Kenali kondisinya, Anda promosi u/ apa? Menarik pelanggan Baru, repeat order, market basket, image/value? #YEApromo

1b.Detail materi ini akan dibahas di "5 cara menaikkan keuntungan usaha", materi yg asik deh... #YEApromo

2a.KETERLIHATAN; sebagus2 iklan Anda, jk tak terlihat oleh org yg lewat, ibarat promosi di kuburan. Bgmn mengujinya? #YEApromo

2b.Seringkali kita terlibat emosi saat menilai. U/ menghindarinya, pindahkan ke media lain spt FOTO atau minta pendapat org lain. #YEApromo

2c.Misal, foto sign board Anda 20m dr kiri&kanan jalan, dimana pengemudi lewat. Bs jd terhalang pohon atau lainnya. #YEApromo

2d.Hal ini jg berlaku pd penempatan brosur, spanduk, umbul2, baliho, dll. Pastikan terlihat oleh 'para semut' yg lewat. #YEApromo

2e.U/ iklan di koran/majalah, yg terbaik adlh di hal kanan; sebelah atas dan kanan (L terbalik). #YEApromo

3a.HEADLINE; waktu Anda hy 3 detik u/ membuat semut nengok! Jd pastikan SUPER EYE CATCHING. #YEApromo

3b.Gunakan stidaknya 30% ukuran dr media cetak sbg HEADLINE & Shocking! Misal: 70%, GRATIS, HARI INI, MURAH, SALE. #YEApromo

3c.Angka diskon yg dilirik antara 20-70%. kurang dr itu tak menarik, lbh dr itu kesannya ngibul :p#YEApromo

3d.Perhatikan, mana headlinenya? 30% kan ukurannya? Warna hrs eye catching. Font besar2. http://plixi.com/p/98339557

3e.Gunakan warna yg mencolok & desain yg tdk umum! Jk hitam putih, bisa bermain efek invert. #YEApromo

3f.Pilih font yg gampang dibaca! Jgn sampe org mikir keras & mlotot u/ mengerti pesan Anda. #YEApromo

4a.60% org adlh tipe VISUAL; jd gunakan gbr, bkn sekedar kata2, kecuali saat diskon. #YEApromo

4b.Teknik pemotretan produk Anda hrs mencolok & monrot2. Jk makanan, hrs membuat org 'ngiler' sekali memandang. #YEApromo

4c.Sering org salah memotret produk makanan dg keseluruhan piringnya, hingga makanannya terlihat kecil. #YEApromo

5a.Efektivitas bkn sekedar Estetika; terbukti iklan yg cantik malah dilewatkan. Sering yg norak malah nendang. #YEApromo

5b.Pernah dengar,"OBH Combio, OBH Combio, OBH Combio". Iklan (maaf) jelek nancep! #YEApromo

5c.Kuncinya: UNIK, ORA UMUM! #YEApromo

6a.Memancing di Kolam yg Benar; jgn sampe iklannya bagus, tp kolamnya salah! #YEApromo

6b.Misal, menyebar brosur u/ produk remaja di komunitas org dewasa. #YEApromo

6c.Ingat: Siapa spesifik target pasar Anda & DIMANA MEREKA biasa KUMPUL? Disitulah tmpt kita berpromosi. #YEApromo

7a.Terbar Gulanya; agar semut datang... kenali apa gula yg menarik target pasar Anda. #YEApromo

7b.Jk Anda buka koran KOMPAS, tiap hr ada org menawarkan hadiah IPAD, Blackberry--> itulah gula u/ target pasar tertentu. #YEApromo

7c.SIAPA pengambil keputusan pembelian produk Anda, menentukan GULA yg akan Anda pakai. #YEApromo

7d.Gula yg Anda tebar pastikan efektif u/ menarik semut membeli/switching brand ke Anda, bkn sekedar datang lihat2 saja! #YEApromo

7e.Voucher Rp. 10.000,- di Circle K, lebih efektif dibanding DISKON 20%!#YEApromo

8a.BYK yg GRATIS; baca buku The Power of Kepepet, ttg Iklan Gratis... #YEApromo

8b.Sering2lah menghilang di mall,"Panggilan2 kpd sdri @IndriRedono, dari ReDo Walet Cream, ditunggu rekannya di informasi"#YEApromo

8c.10mnt kmdn pura2, menghilang lg, dg nama yg berbeda, tp usaha yg sama. 10x menghilang tiap harinya, iklan gratis kan! #YEApromo

8d.Spanduk jgn dipasang, byr org u/ pegang spanduk di lampu merah. Saat merah ketengah, hijau minggir kesamping. #YEApromo

8e.Tambah 3 org lg u/ pegang umbul2. Trus tlp wartawan, blg ada unjuk rasa. Lumayan kan, liputan gratis. #YEApromo

9a.Nama yg nyleneh; jk blm terlambat, pilih nama yg nyleneh. Terbukti Herman, finalis WM 2010, menjual Sup buah KEPEPET, lbh laku! #YEApromo

9b.Cabang No.27!-->sbg cabang pertama. Boleh kan! Kan gak harus urut... #YEApromo

9c.Tambahin dibwhnya: Jakarta, Semarang, Bandung, Jogja, Surabaya, dst. "Itu semua cabangnya?"| "Bukan, itu trayek bis malam".#YEApromo

10a.Gunakan kreativitas Anda, berfikirlah TIDAK PAKAI BOX, lonCat2, ngeBor, ngesot, tiarap, eehh kebablasan... #YEApromo

10c.Mau materi apalagi? sudah yaa... Jgn lupa ada BEASISWA WIRAUSAHA u/ ikut YEA... info: @YEAindonesia#YEApromo

10b.Gak hrs urut kan? #YEApromo

11a.Finally... Tuliskan dlm bentuk AGENDA PROMOSI Mingguan, Bulanan, Tahunan! Jalankan dg konsisten, bkn reaktif! #YEApromo

11b.Pastikan setiap promo yg Anda buat, beralasan! Bukan sekedar kreativitas atau keNylenehan Anda saja!!! #YEApromo

Narasumber: @jayayea
Semoga bermanfaat bagi rekan-rekan sekalian.


Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments:

Post a Comment