Thursday, May 5, 2011

Simply Marketing #3

Siap2 melanjutkan materi Simply Marketing... Bagi yg terlewat, cari ya di #YEAmarket

3.Differentiating; menemukan celah u/ memenangkan persaingan! (diferensiasi=perbedaan). #YEAmarket

3a.Sblm kita lanjut ke materi berikutnya, coba buka kembali materi sblmnya ttg 'Double SWing'.... #YEAmarket

3b.Apa 'keunggulan bersaing' Elang yg tak dimiliki oleh Peter --> dimata Cinta? Jwbnya: Cuek & Penghasilan 35 jt/bln. #YEAmarket

3c.Dari 2 keunggulan tsb, berdasarkan prioritasnya adlh 'Penghasilan min 20jt/bln', baru kmdn 'cuek'. #YEAmarket

3d.Jk ternyata kompetisinya sgt ketat & tak ada celah u/ menang dr 'keunggulan bersaing', barulah kita gunakan diferensiasi. #YEAmarket

3e.Diferensiasi bs di 2 hal: 1.Konten; pd produknya 2.Konteksnya; pd kemasan atau 'deliverinya'. #YEAmarket

3f.Konten, sgl sesuatu yg berhubungan dg produknya. Contoh: lbk gurih, variasi rasa, material, kualitas, kandungan, dll. #YEAmarket

3g.Konteks, sgl sesuatu yg berhubungan diluar konten, spt kemasan, atmosfer, model, hiasan, image, servis, dll. #YEAmarket

3h.Bisa jd produk dg konten yg sama, dg kemasan beda, hrgnya jd beda. Contoh: Gula curah vs 'GULAKU'; nasgor kaki 5 & bgt 5. #YEAmarket

3i.Contoh lagi: apa bedanya maskapai Garuda vs lainnya? Pswt yg sama, bisa beda harga! Kopi di warkop vs Starbuck? #YEAmarket

3j.Bisa dikatakan dg bermain diferensiasi di 'konteks' menaikkan 'nilai jual' & profit produk/ jasa Anda! #YEAmarket

4.Positioning; memposisikan di benak konsumen. #YEAmarket

4a.Msh ingat awal materi ttg apa itu positioning? Sesuatu yg terjadi pd benak konsumen, bkn semata pd produk Anda. #YEAmarket

4b.Dari keunggulan bersaing atau diferensiasi yg Anda dptkan dr proses diatas, pilih 1 atau 2 yg terbesar prioritasnya. #YEAmarket

4c.Dlm kasus Elang, post-nya: Gaji diatas 20jt & Cuek. Nah inilah yg harus dikomunikasikan di benak Cinta. Caranya? PROMOSI! #YEAmarket

4d.Positioning bs dikomunikasikan dlm bentuk tagline spt "Always Coca Cola" atau "Apapun.... Minumannya Teh Botol Sosro"#YEAmarket

4e.Tentu saja pemilihan tagline harus selaras dg positioning & dg bahasa yg 'kena' atau 'nancap' di benak konsumen. #YEAmarket

4f.Sampai disini Anda tlah mendapatkan strategy u/ memenangkan persaingan, selanjutnya adlh meng-KAMPANYE-kan strategy Anda. #YEAmarket

4g.Promosi adalah mengkampanyekan positioning! Ikuti episode berikutnya: "Creative Promotion".... Info ke kawan2 yaa... #YEAmarket

Narasumber: @jayayea


Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments:

Post a Comment