Wednesday, May 4, 2011

Simply Marketing #2

Berikut ini kelanjutan kultwit dari pak J aka JURAGAN ( @jayayea ). Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Siap2 yaa, materi Simply Marketing, lanjutan yg kmrn... Info kawan2 yaa... #YEAmarket

Kmrn kita tlah mengenal apa itu Positioning--> "Sesuatu yg terjd pd benak konsumen, bkn pd produk Anda".

Pertyannya: Bgmn menemukan positioning yg tepat? Berikut adlh metode yg mudah dimengerti u/ menemukan positioning...

Alurnya: SpecificTargeting-->DoubleSWing-->Differentiating-->Positioning. Jgn takut dg istilahnya, kita buat simple!

1.Specific targeting; tentukan spesifik target pasar Anda, kriteria keinginan2 & kebiasaan mrk. Smakin detail, smakin bagus.

1a.Contoh1: min SMU, 17-25thn, single, bkn karyawan, klas A,B,C, IQ 120 keatas, suka kebebasan, komunikatif.

1b.Contoh2: wanita karir, 25-45th, kasual, mandiri, karyawan/profesional, klas A,B, cuek, gengsi.

1c.Smakin detail Anda bisa mendeskripsikan Spesifik Target Pasar Anda, smakin mudah Anda membidiknya. #YEAmarket


1d.smakin tergambar dg jelas SIAPA mrk, DIMANA mrk biasa 'hang around' & MENGAPA mrk tertarik dg produk Anda!

1e.Selanjutnya, dr target tsb hrs kita ketahui "Apa KRITERIA produk/servis yg mrk INGINKAN?". Hal ini didpt dr survei.

1f.Contoh, Cinta menyukai lelaki yg: 1.Ganteng;2.Punya Rumah;3.Penghasilan min 20jt/bln;4.Kebapakan;5.Sedikit cuek;6.Berkaca mata.

1g.Nah, kriteria itu msh dangkal tanpa data prosentasi atau prioritas mana yg terpenting & yg tak terpenting.

1h.Maka dr itu, kita hrs memasukkan elemen prioritas dlm survei. Dg cara meminta urutan dr yg terpenting hingga yg tak terpenting.

1i.Misal, dr contoh diatas, didpt urutan: 3-2-5-1-4-6. Semua data itu bs didpt dg membagikan kuesioner(kuantitatif) atau diskusi (kualitatif).

1j.Jk perusahaan kita msh kecil & tak memungkinkan melakukan survei scr akurat, lakukan scr kualitatif. Caranya dg membentuk kelompok diskusi.

1k.Misal: kumpulkan 5 org tim diskusi yg mewakili (serupa) dg target pasar kita. Lakukan diskusi u/ mendapatkan data2 diatas.

2.Double SWing;memetakan persaingan & posisi kita thd pesaing. Mirip spt SWOT, tp sy lbh suka menggunakan Double SW. #YEAmarket

2a.Double SW(Strength & Weakness) artinya, memetakan SW kompetitor & SW kt-->terhadap Kriteria&Prioritas (Needs) Target Pasar kt. #YEAmarket

2b.Misal,Peter memiliki 'S' dimata Cinta: ganteng, berkaca mata, punya rmh. 'W'nya: terlalu perhatian, kekanakan, gaji 10jt/bln. #YEAmarket

2c.Elang,memiliki 'S' dimata Cinta: ganteng,cuek, punya rmh,penghasilan 35jt/bln(pengusahaha).'W'nya: kekanakan,tak berkaca mata. #YEAmarket

2d.Nah, dr situ kita dptkan peta persaingan antara mrk berdua dimata Cinta! Mnrt Anda, apa kelebihan Elang dibanding Peter? #YEAmarket

2e.Jk tingkat kompetisi msh rendah, maka kita bisa gunakan KEUNGGULAN BERSAING! Contohnya adlh kasus Peter & Elang. #YEAmarket

2f.Jk tingkat kompetisi terlalu tinggi (byk), kt hrs gunakan DIFERENSIASI. Tp ingat, Berbeda itu Mahal! Krn perlu edukasi pasar. #YEAmarket

2g.Kita lanjut esok yaa u/ tahap ketiga Differentiating... Endapkan & tanyakan jk krg jelas. Tp korelasi dg materi. #YEAmarket


Narasumber: @jayayea


Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments:

Post a Comment